Pengalaman Mengurus Pembuatan PT Baru
Assalmualikum Wr. Wb.Sahabat Sugih,
Setelah melanglang buana dalam dunia perkulian selama tiga tahun, tepat dibulan desember 2016 ahirnya saya memutuskan untuk resign dari tempat kerja saya. bukan perkara mudah meninggalkan tempat dimana kita menghabiskan waktu selama itu, tempat mencari nafkah, meninggalkan teman-teman yang sudah menghabiskan waktu cukup lama bersama-sama. tapi apalah boleh buat kehidupan terus berjalan kondisi dan suasana sudah berubah.
Alasannya apa, panjang banget kalo dijelasin disini. lagian saya kira gada yang peduli dengan hal itu. hahha.. kembali ke pokok tema artikel ini.
Dari kondisi yang saya jelaskan diatas, ahirnya ada seorang teman yang mengajak saya untuk membantu dia membangun perusahaan baru. tipical pekerjaan yang dijalankan hampir sama dengan perusahaann tempat lama saya bekerja, bahkan client juga sama hehehe.. mungkin ini bisa disebut dengan makar...
Ahirnya kita mulai menyusun langkah-langkah yang harus disiapkan, berbekal pengalaman ditempat lama, karena kebetulan saya juga termasuk orang yang ikut membesarkan dan merintis perusahaan tersebut. dari hal kecil pembuatan logo dan menyiapkan format-format kebutuhan adaministrasi.
1. Mempersiapkan Niat
Niat, Tentunya inilah pondasi utama untuk membuat segala hal didunia ini. jadi niat yang bulat dengan tekat yang kuat insya Allah segala rencana kita dapat terwujud
2. Punya Modal
Membangun sebuah Perusahaan merupakan keputusan yang komplek. karena kita akan banyak berhubungan dengan banyak pihak, sehingga paling tidak kita membutuhkan modal awal untuk mengurus kebutuhan dasar administrasi. sample membuat logo perusahaan. kalo anda tidak memiliki keahlian, mau nggak mau kita harus menggunakan jasa orang lain untuk membantu kita. belum lagi berbicara masalah biaya operasional perusahaan, biaya produksi 7 lain-lain.
bahkan pemerintah membuat aturan, bagi yang ingin mendirikan PT minimal harus memliki modal kurang lebih
3. Mempersiapkan Nama Perusahaan.
Membuat nama perusahaan tidak bisa asal buat, harus memiliki nilai filosofi dan menggambarkan usaha yang dijalankan. selain itu, nama akan menjadi Brand image yang sangat berpengaruh dilingkungan bisnis kita.
Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, sehari kalo tidak salah saya menyiapkan konsep logo dan nama untuk di ajukan kepada teman saya calon pemilik perusahaan. ahirnya diputuskan untuk mengirim tiga nama kepada notaris yang akan membantu saya dalam mengurus legalitas yang perlukan.
4. Mempersiapkan Lokasi Tempat Kerja.
Sebelum perusahaan mulai beroperasi, kita harus sudah memliki lokasi untuk tempat kerja kita karena hal ini dibutuhkan oleh notaris untuk mengurus legalitas perusahaan.
Teman Sugih, untuk postingan kali ini saya cukupkan sekian dulu akan saya bahasa pada postingan lainnya mengenai pengalaman mengurus PKP dan Efaktur pajak.
Demikian dan terima kasih
Wassalmualikum Wr. Wb.